[KumCer] Tales from the Dark

Jadii gw review novel lagi wkwk /ketagihan/



Sebenernya ini kumcer alias kumpulan cerpen dari 13 author berbeda. Alesan gw beli novel ini? Simple; gw penasaran sama novel horror-thriller Indo, hehehe. Jadi karena ini cerpennya ada 13, gw bakal review singkat masing-masing cerpen. Dan mungkin bakalan ada spoiler jadi jangan timpuk gw karena gw udah warning yak 😁


Hasil gambar untuk kumpulan cerpen tales from the dark

KumCer "Tales from the Dark" ini gw dapet di obral buku Gramedya, only 5k. Yang bikin gw tertarik beli adalah;
1) sinopsisnya bagus dan berhasil memuat ke-13 cerpen dalam 3 paragraf, 
2) cover-nya bagus (warna hitam-ungu-indigo yang anjirlah bagus banget, font-nya ala-ala film drakula, ada makam, ada kelelawar, ada pohon plus seorang cewek yang tengah duduk manja, dan ada sepeda… wait, itu pohonnya tinggi gimana si cewek bisa manjat? /nggak penting/)

Yosh. Plastik dibuka, gw mulai membaca.

Ada 13 cerita, gw bakal ngasitau 5 yang jadi paporit gw hohoho… bukan berarti yang nggak gw paporitin itu nggak bagus, ya. Ini cuma masalah selera aja kok 😁

1.       My Halloween Costume
Cerpen pembuka yang menarik banget. Sudut pandang yang dipake penulis beda banget sama cerita horor kebanyakan. Meski twist-nya ketebak di tengah cerita, tapi idenya keren banget. Thumbs up! Paporit gw nomor 5 ini wkwk.

2.       Slumber Party
Salah satu yang biking gw goosebump. Idenya emang agak mainstream, tapi gaya penulisannya lumayan serem wkwk. Sayangnya pembunuhan tiap karakternya nggak terlalu rinci dan gw masih bingung itu hantunya muncul darimana. Apakah dia udah ada di rumah itu sejak lama, atau dia cuma muncul pas videonya diputer atau gimana. Lagian kalau si tante udah meninggal lama, itu video kenapa masih ada/malah ada di kamarnya Diandra? Masa Diandra nggak nge-filter barang-barang di kamarnya sendiri? Beda cerita kalau itu video ditemuin di tumpukan kaset di bawah TV, atau di kamar kosong, atau dalam lemari tua.
Terus disini juga dijelasin kalau tiap-tiap karakter punya julukannya masing-masing, tapi sayangnya (lagi) gw nggak bisa ngerasain kenapa mereka bisa dijulukin kayak gitu. But it’s okay karena thriller-nya baguus 😘.

3.       Membunuh Galuh
Paporit gw nomor 2! Sukaa banget gaya bahasanya dan sampai akhir cerita gw masih bertanya-tanya sebenernya apa yang terjadi wkwk. Jadi plot-nya itu dibikin kayak loopyang bagi gw lebih terasa misterinya dibanding horor. Gw suka pemilihan judulnya, penempatan flashback-nya, karakter si MC, dan karakter Galuh sendiri. Cuman, ya, itu; gw masih nggak tau apa yang terjadi hahahahaha mas Dadan tolong dong jelasin 😂.

4.       Rumah Permintaan
Another Cinderella story—bedanya Cinderella-nya ikutan sial wkwk. Jadi ide ‘rumah permintaan’-nya menarik banget, terutama harga yang harus dibayar kalau mau mintak disitu. Yang gue heranin ini si ibu tiri; kalau dia memang benci banget sama si Cinderella, kenapa nggak dari dulu aja diusir? Lebih masuk akal bagi gue kalau si Cinderella kabur karena nggak tahan sama ibu tirinya. Dan dijelasin juga kalau si Cinderella nggak punya tempat tujuan setelah diusir, tapi nantinya malah dikenalin satu karakter bernama Nanda yang keliatan akrab banget sama si Cinderella. Kalau gue jadi si MC nih, gw bakal ke rumah si Nanda buat minta bantuan.

Hasil gambar untuk one does not simply original
Sayangnya nggak ada penjelasan detail mengenai si ‘teman’ ini selain buat ngasitau si MC akibat dari ‘rumah permintaan’. Jadi wasted banget karakter dia, menurut gw. Terus yang bikin gw naikin alis adalah penjelasan kalau Nanda tahu kematian ibu tiri si MC karena diumumin di sekolah. What the…? Siapakah si ibu tiri ini? Atau emang ada sekolah kayak gitu ya? Soalnya di daerah gw, kematian yang diumumin cuma kematian warga sekolah—guru, pegawai, murid—ortu murid nggak termasuk. Atau memang cuma daerah gw kali, ya? Selain dari itu, deskripsi ‘rumah permintaan’ dan cara matinya keren banget 👍.

5.       Lily’s Top Secret
Paporit gw nomor 4! Idenya biasa, eksekusinya nggak biasa 😄 jadi penulisnya buat 2 POV disini; POV Lily dan POV temennya; Gwen. Itu yang bikin menarik wkwk. Gw suka banget gimana horornya cerpen ini terletak di ‘rahasia’ Lily, yang berarti bakalan ada twist di ending dan gw benaaar~ /nari hula/
Cuman yang gw heranin; katanya latarnya Indonesia, tapi kenapa semua tokohnya pake nama barat, ya? Atau mungkin karena udah modern jadi nggak ada yang pakai nama khas Indonesia lagi? T__T Tukinem gitu misalnya /plak/ Terus motif si Gwen ini menyelidiki(?) Lily sayangnya nggak bisa bikin gw simpati dan meng-iya-kan tindakan dia. Memang, sih, dikatakan kalau lo sekolah di sekolah khusus cewek, mendingan jangan cari masalah sama kakak kelas. Lah, kalau gitu nggak usah deketin mereka dong, mbak Gwen… kan dirimu sadar kalau rupamu tidak sebanding dengan mereka, pun dirimu sadar kalau kamu cuma bakal dimanfaatin. Lalu kenapa malah kamu yang seolah nyari masalah? Dirimu juga ngatain mereka picik, tapi apa dong sebutan buatmu yang mau-maunya ngikutin perintah mereka, ngorbanin temen sendiri demi popularitas? Mungkin cerminnya lagi nggak berfungsi.



(wadoo maaf gw jadi emosi sendiri /tehee/)
Selebihnya, gw suka karakter Lily dan penjelasan tentang ‘penyakit’-nya Lily. Aah iya, gw juga sempet heran sama Lily; ngapaen dia bawa kantong darah ke sekolah? Kalau ditemuin di tong sampah kan bisa brabe, soalnya ‘kan kantong darah bukan benda lazim di sekolah. Kalau gw jadi Gwen, gw bakalan lebih curiga kenapa Lily bawa kantong darah mentah-mentah. Kalau emang buat nyembuhin penyakit, harusnya lewat transfusi, ‘kan? Tapi gaada penjelasan jarum suntik atau apalah di sepanjang cerita. Masa darahnya diminum langsung? Emangnya Bella Swan yang lagi hamil? wkwk… overall tetep yang bikin gw paporitin ini adalah karena penempatan twist cantik di ending. Salut dah!

6.       Si Penguntit
Pertama, judulnya bagus wkwk. Ini juga bukan tema yang nggak biasa; tentang sekelompok remaja yang nginep di vila terus ngalamin kejadian mistis. Udah biasa. Yang nggak biasa adalah perpindahan POV yang nggak terduga di tengah cerita. Sayangnya, lagi-lagi, gw bermasalah sama karakternya. Ada 8 karakter, cewek-cowok masing-masing 4 orang. Tapi sepanjang cerita gw cuma bisa nangkep eksistensi 2 karakter utamanya aja, yang lainnya terasa samar. Kalau gw ditanya siapa aja karakter cerpen ini, gw pasti cuma inget sama 2 karakter utama plus si hantu. Ini sayang banget, sayang kalau karakter lainnya malah jadi wasted, nggak jelas peran mereka apa. 

(sedih cok...)

Dijelasin juga kalau Miki (karakter sampingan) sifatnya bossy, Aurel ceria, Maria feminin, dan si MC ini lucu (menurut Nico, MC satu lagi), tapi gw nggak bisa nangkep sifat itu di tiap karakter. Itu baru yang cewek, nah yang cowok-cowok malah lebih samar lagi, kayak mereka cuma numpang nama biar manusianya rame aja. Selain itu gw bisa nangkep kenapa hantunya nguntit si MC, dan gw seneng sama karakter si MC yang nggak berubah meski bertukar POV. Sayangnya itu beresiko; rasa seremnya jadi berkurang. Gw bahkan baca ini novel sengaja jam 12 malem, di kamar, sendirian, dan nggak goosebump.
Selain itu ini lumayan karena twist yang di tengah cerita itu wkwk… dan cerpen ini juga cukup cheesy sampai bisa bikin nyengir gaje di tengah malam. Bagi yang suka keju silahkan dinikmati.

7.       Bidadari yang Terluka
Gw sempet pangling sama judulnya, bertanya-tanya ceritanya bakalan gimana wkwk… gw sempet curiga pengarangnya cowok, apalagi MC-nya cowok, tapi ternyata cewek 😄. Jadi karena ini cerpen satu-satunya yang pakai POV cowok, gw pun tambah penasaran; penasaran apakah dia bakal jadi korban atau malah pelaku.
Nah si MC ini ceritanya lagi berantem sama pacarnya yang gw apresiasi banget itu bisa jadi premis yang masuk akal buat ‘kenapa si MC bisa kejebak ujan di depan toko’. Sayangnya ngambeknya nggak dijelasin /nggak penting woy/. Nah, disitu dia ketemu seorang cewek yang cuantik banget yang menawari dia masuk rumah biar nggak keujanan. “Motornya dibawa bang, disini rawan” begitu kira-kira katanya. Yang bikin gw naikin alis adalah tingkah si cewek yang nyuruh si MC stay sama dia karena si cewek TAKUT. Well, tapi beberapa menit sebelumnya dikau telah berkata bahwa dikau sudah biasa ditinggal sendiri, neng. Kenapa tiba-tiba dikau takut? Ini kalau gw jadi MC pasti gw udah curiga ‘jangan-jangan ini cewe mau membius kemudian memutilasi gw’ /nggak/, sayangnya rupa bisa mengalahkan logika; “oke, neng, wajah memelasmu mengalihkan dunia. Abang stay with you 😂
Sementara gw bertanya-tanya kapan horornya muncul, tau-tau tanpa aba-aba, ada sesosok yang muncul gitu aja dan mau nyerang si MC. Kemudian—gue nggak mau spoiler jadi baca aja langsung /woy/. Yang gue ngakak adalah pas si MC kebangun keesokan paginya, motor si MC masih tertinggal di dalem toko yaampun bwahahaha ini gw curiga si cewek ini sebenernya begal /plak/. Sayangnya dari 13 cerita, yang ini yang paling nggak bisa bikin gw goosebump... mungkin karena si MC nggak menemukan sendiri horornya, tapi malah dijelasin orang lain 😭 cheesy? Sedikit 😁

       8.       Detensi
MC-nya ada 3 orang; Amira, Liam dan Haryo. Pertama, gw suka nama karakternya yang nggak kebarat-baratan banget kayak yang laen. Kedua, gw suka ide ceritanya; detensi. Jarang-jarang nih cerita horor bermula dari hukuman karena melanggar peraturan sekolah, bukan karena uji nyali, bukan karena pernah berdosa, bukan juga karena nggak sengaja masuk area terlarang. Ide ini bikin gw penasaran akan jadi gimana ceritanya. Ketiga, gw suka hantunyaa hohoho akhirnya ada cerpen dimana si hantu lah yang minta tolong.
Oke jadi ceritanya ketiga MC utama ini kena detensi dimana cuma Amira aja yang nggak mau ngasih tau alasan kenapa murid teladan macam dia bisa kena detensi. Jadi ketiganya dihukum menata buku-buku perpus dan di situ lah mereka bertemu hantu bocah bernama Casper Dinda. Nah, si Dinda ini mintak bantuan (bantuan buat apa? Bisa baca sendiri 😋) yang mengharuskan ketiga remaja itu memasuki lorong tersembunyi di balik dinding perpus.
Yang gw paling suka sepanjang cerita ini adalah sifat tiap MC yang nggak berubah no matter what. Karakter mereka jadi kuat banget dan berhasil bikin simpati. Selama membantu Dinda, ketiga orang ini pun mulai saling terbuka satu sama lain meski sebenernya mereka nggak terlalu deket. Ini masuk akal karena didukung premis “kalau kalian nggak bisa bantu aku (Dinda), kalian mati” dan “udah ada yang mati sebelumnya, loh”. Jadi di tengah ketakutan akan ajal, ketiganya mulai jujur-jujuran. Keren banget, alasannya logis.
Tapi di sesi ‘pembukaan aib’ ini lah gw nemu hal yang sedikit bikin terganggu. Liam bilang alasan dia kena detensi adalah karena dia mukul seseorang, sebut saja A, yang berkata pongah kalau dia mau jadiin Amira bahan taruhan karena si Amira sendiri orangnya susah ‘disentuh’. Oke. Alesan semacem ini juga gw temukan di Lily’s Secret dan The Curse of the Messenger. Apakah ide ‘bahan taruhan’ ini sedang nge-tren, atau memang sedang nggak punya ide lain? Ini sayang banget, menurut gw. Cukup sinetron aja yang punya ide nggak bermutu kayak gini, plis, novel Indo jangan.


(cukup, mbak! cukhupp!)

Untungnya, di CerPen Detensi ini alesan itu bisa dipakai karena bisa bikin Amira lebih simpati ke Liam dan nggak memandang cowok itu dengan sebelah mata lagi. Tapi di dua CerPen lainnya, menurut gw ide ‘bahan taruhan’ ini nggak terlalu mendukung ceritanya.
Selain itu gw suka banget sama plot Detensi yang rapih, nggak ada adegan nggak guna, paling rapih lah setelah CerPen Badai. Dan kalau kalian bertanya; apakah bisa bikin goosebump? Menurut gw itu tergantung masing-masing orang yang baca, sih. Kalau gw sendiri, ini nggak bikin gw goosebump, tapi efek ketegangannya berasa banget karena ‘hantu yang sesungguhnya’ digambarin secara abstrak. Ditambah penggambaran perasaan tiap karakter sepanjang cerita ditulis dengan rinci, keseluruhan plot jadi keren pake banget 👍.
       
       9.       The Curse of the Messenger
Si MC, bernama Manda, tengah mengikuti camp Leadership sekalian buat PDKT sama kakak kelas incarannya. Oke, premis ini juga gw temukan di Si Penguntit. Nah, selama pelatihan yang berat itu, cakra(?) Manda mulai terkuras dan akhirnya dia dibawa ke UKS oleh sang senpai idaman. Disanalah dia ketemu Bertha, hantu baek yang niatnya cuma nitip barang. Sip, selamat! Anda sudah membaca spoiler! Hahahahahah /dibuang/.
Jadi inti dari cerita ini sih sebenernya adalah ‘benda’ yang dititip si Bertha ke Manda, yang nantinya bakal terkuak kenapa dari sekian orang yang pernah mengunjungi itu UKS, hanya Manda yang bisa dititipin barang. Mungkin sebenarnya Manda adalah kurir JNE /bukan/. Jadi ‘barang’ tersebut dikirim ke seorang senior bernama Ardhi dan yayangnya, Sharon.

PERINGATAN!!! INI GW MAU SPOILER LAGI YA DAN GW SPOILER SAMPAI ENDING NIH JADI BAGI YANG NGGAK SUKA SPOILER HARAP LANGSUNG AJA SKIP KE CERPEN SELANJUTNYA.
Nah, ‘barang’ ini pun akhirnya mengungkap masa lalu suram Bertha yang dulu pernah jadi bahan taruhan. Nah, kan, gw nemu lagi premis ginian -_-. Jadi si Bertha ini anak baru yang langsung populer karena sosoknya yang mempesona. Melihat hal itu, Sharon alias pacar Ardhi alias cewek terpopuler pun merasa ‘terancam’ dan menyuruh si cowok memacari Bertha kemudian memutuskannya secara kejam demi untuk membuktikan cintanya pada Sharon.
Wait.

WAIT.


Ini pemikiran yang terlalu dangkal, mbak Sharon. Gimana kalau mas Ardhi malah kena karma dan malah jatuh cintrong ke Bertha? Dan yang terpenting; sedangkal itukah cintamu pada mas Ardhi sampai mbak tega mengumpankannya buat cewek lain? Duh, gw nggak ngerti lagi dah sama mbak Sharon. Punya pacar ganteng, setia, rajin menabung, eh malah dilempar ke cewek lain. Bersyukurlah mbak, orang yang anda suka juga menyukai anda. Ini mas Ardhi-nya juga mau-mau aja lagi. Jadi bucin juga ada batasnya, mas.
Yang kesian disini adalah si hantu T__T. Tujuan Sharon tercapai. Malah abis diputusin, Bertha lalu bunuh diri. Apa faedahnya dari kejadian ini? Nggak ada kecuali dosa, mbak, mas. Gw nggak bisa menahan diri buat berpihak ke hantunya hahahahah sayang sekali terornya cuma sebatas ‘barang titipan’. Coba terornya berupa mimpi buruk dan penampakan… haha… hahaha… HAHAHAHAHAH.

Hasil gambar untuk stitch evil laugh


Intinya si MC ini cuma berperan sebagai kurir. Dan gw menangkap tanda-tanda si gebetan sebenernya sempet suka sama Bertha. Tapi juga lumayan banyak momen dimana sang gebetan ngasih perhatian lebih sama Manda, sih. Keju? Hmmm… sedikit.

       10.   Badai
No need any comment; FIX INI PAPORIT GW NUMERO UNO

       11.   Cerita Malam
Yuhuuu~ paporit nomor 3! 🙌
Pertama, gw suka gimana penggambaran Training Camp Paskibra ini dijelaskan rinci sehingga gw sebagai orang awam pun bisa ngebayangin suasananya. Ini penggambaran latar terbaik menurut gw dari semua CerPen di novel ini. Kedua, dari semua CerPen, Cerita Malam inilah yang penggambaran hantunya paling bikin gw goosebump. Ketiga, ada twist! Dan twist-nya seraaam…
Kalau menurut gw, dari semua CerPen, yang inilah yang paling horor secara mistis. Masalah kenapa Cerita Malam bisa ada di nomor 3 sebenernya cuma karena selera gw yang lebih suka horor yang horornya ada pada sifat psycho manusia (kayak CerPen Badai dan Membunuh Galuh), daripada horor yang horornya ada di makhluk-makhluk non-manusia(?) (seperti 11 CerPen lainnya). Kalau ditanya CerPen paling horor di kategori horor-karena-makhluk-halus versi gw, jelas Cerita Malam ada di urutan teratas :D.

       12.   The Deathly Music Box
Ceritanya dimulai dari teror-teror berupa penggalan musik klasik yang dikirim oleh seseorang tiap tengah malam via pesan dengan nomor telepon berganti-ganti namun punya satu kesamaan; ada angka 666-nya. Teror ini diterima oleh si MC, bernama Lectra, yang kedepannya bakal terungkap kalau semua pesan itu berasal dari seseorang yang udah mati. Seorang yang dulu pernah janjiin sebuah kotak musik mahal buat hadiah ulangtahun Lectra, seorang cowok annoying yang baru ketemu udah main nembak Lectra aja dan bahkan nawarin macem-macem -_-


Gw nggak akan ngetik banyak karena ntar spoiler. Yang pasti terornya lumayan bikin goosebump, apalagi ternyata ceritanya diadaptasi dari pengalaman putri sulung si penulis sendiri (katanya). Dan gw suka karakter pacarnya Lectra /salpok/.

       13.   Reinkarnasi
Dari semua CerPen, ini yang paling cheesy 😅 Si MC bernama Windy, yang pas mau kuliah ditawari sebuah rumah besar nan tua oleh seorang tante kenalan mamahnya buat nge-kos. Terhimpit cita-cita ingin kuliah di daerah tersebut, Windy pun menyetujui meski harus berjauhan dengan sang yayang.
Pertamanya gw heran kenapa si Windy ini biasa aja sama penampakan rumah yang cenderung horor, tapi kemudian gw maklum karena ternyata dia punya sesosok makhluk abstrak yang terus ngikutin dia sedari kecil. Makhluk tersebut dinamain Sky—yang nggak dijelasin kenapa dinamain begitu padahal ada jutaan nama di dunia ini, Sumijem misalnya /nggak/. Nah, di rumah inilah Windy mengalami beberapa déjà vu yang nantinya bakal mengungkap siapa sebenarnya dia di kehidupan sebelumnya.
Yang bikin gw lumayan goosebump ini sebenernya penampakan si Sky yang lebih banyak diam membisu di pojokan, mana sosoknya berupa bayangan doang lagi. Selain itu menurut gw Reinkarnasi ini lebih banyak cheesy-nya daripada horornya, sih :p bagi penikmat horor campur keju silahkan dinikmati XD.






NAH! Itulah tadi review singkat gw (singkat apanya?!) yang mohon maaf kalau banyak kekurangan dan bikin tersinggung (kalau misal ada yang tersinggung). Sekali lagi, ini cuma pendapat pribadi. 


Gambar terkait
/bow/ /bow/ /bow/

Hasil gambar untuk bow sorry gif
extreme bow

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Kompilasi Komik] PERMEN

[Novel] The Dead Returns